Posted by: ardhasugarda | December 7, 2012

Trip ke Istanbul, Turki

November 2012

Mendadak Turki

Suatu hari di Bulan November, istri gw bilang, “Pa, aku diminta ke Polandia sama kantorku naik Turkish Airline dan rencana mau stop over 1 hari disana pas pulangnya bareng temen kantornya”… mmhh… gw belum pernah nih ke Turki… trus pertanyaan selanjutnya, visa turki gimana? Dia bilang, katanya sih gak pake visa.. Hah?? Bener gak pake visa?? langsung secepat kilat gw tanya om google, yoi man, ternyata bener, sejak Juni 2012 diputuskan visa on arrival untuk warga Indonesia yang mau berkunjung ke Turki.. Tapi biasa, karena gw gak mau ada surprise, gw kirim email juga ke KBRI di Turki untuk memastikan.. dan bener jo, bebas visa masuk.. yeayy.. nah langkah berikutnya gw coba cek harga ke Istanbul berapa kalau naik Turkish airline.. dapetlah yang sesuai jadwal istri gw PP itu US$ 1,300.. tapi sebenarnya sih ada yang lebih murah kalau berangkatnya 2 hari sebelumnya bisa kena US$ 900.. tapi ya, gw pikir daripada bengong2 2 hari sampai duluan sambil nunggu istri gw dateng dan bayar hotel pula.. jatuhnya bisa sama aja harganya.. Jadilah langsung dibooking tiketnya dan dibayar.. hah.. gila juga ya.. kayak orang tajir aja.. langsung bayar cuy.. Eiitss.. jangan berburuk sangka dulu, bayarnya pakai kartu kredit dan langsung telpon banknya bilang minta dijadiin cicilan tetap selama 12 bulan dengan bunga 0%.. nah.. jadi deh gw bisa berangkat ke Turki bayarnya nyicil.. hehehe..

TIket berangkatTaraa.. langsung deh dengan bekal tiket ini gw menyusul istri gw yang tugas ke Poland dan mampir ke Istanbul untuk ketemu suami tercintanya..šŸ˜‰..

Sebelum berangkat emang berkat om google gw juga berhasil dapetin lokasi tempat tinggal yang letaknya di pusat kota di daerah Taksim nama districtnya dan deket dengan akses metro.. Wah, untuk yang belum kebayang Istanbul di Turki itu kayak apa, gw coba kasih gambaran sekilas tentang Istanbul..

ISTANBUL

Istanbul dulu merupakan pusat dari kerajaan Konstantinopel dan lanjut jadi ibukota dari Kesultanan Ottoman, nah setelah terbentuk Turki Modern tahun 1923, oleh Kemal Ataturk, ibukota Turki dipindah ke Ankara.. Jadi kebayang kan dari berbagai kebudayaan jadilah Istanbul yang gw kunjungin ini benar2 bagus.. Nah lebih uniknya lagi, Istanbul ini adalah penghubung antara benua Asia dan Eropa yang cuma dipisahkan oleh selat Bosphorus.

Istanbul penghubung Benua Eropa dan Asia

Istanbul penghubung Benua Eropa dan Asia

Kebayang sedikit ya tentang strategisnya Istanbul dari dulu sampai sekarang, dan bener2 budaya dari beragam agama bisa berbaur disini, walaupun mayoritas muslim tapi Turki termasuk negara sekuler.. Keliatan bagusnya dari bangunan-bangunanya yang merupakan kombinasi dari gereja dan mesjid.. Biar gak buang-buang waktu, gw langsung jalan-jalan sendiri begitu mendarat di Istanbul.. berhubung istri gw minta waktu jalan sama temen kantornya dan janjian malemnya baru ketemuan.. Yang paling utama dilihat dan juga pas hari Jumat adalah Mesjid Biru (Blue Mosque) yang terkenal itu sekalian gw Jumatan dan sempet foto-foto.

BLUE MOSQUE

Blue Mosque dari kejauhan

Blue Mosque dari kejauhan

Blue Mosque dari taman

Blue Mosque dari taman

Halaman dalam Blue Mosque

Halaman dalam Blue Mosque

Suasana di saat Jumatan di dalam Blue Mosque

Suasana di saat Jumatan di dalam Blue Mosque

Blue Mosque saat malam

Blue Mosque saat malam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: